Selasa, 04 Oktober 2016

#SIP PENGERTIAN INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Pengertian informasi dan sistem informasi psikologi

          A.     Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
Ø Menurut Zulkifli Amsyah yang diambil dari kamus Webster’s Unavridged menyebutkan bahwa sistem adalah elemen – elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
Ø Menurut Jogiyanto : Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur – prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama – sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Ø Menurut Koetjaraningrat : Sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak, suatu cabang ilmu niscaya mempunyai objeknya, dan objek yang menjadi sasaran itu umumnya dibatasi. Sehubungan dengan itu, maka setiapa ilmu lazimnya mulai dengan merumuskan suatu batasan (definisi) perihal apa yang hendak dijadikan objek studinya.
          B.     Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
Ø Menurut Joner Hasugian : Informasi adalah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.
Ø Menurut Robert G. Murdick : Informasi adalah data yang telah didapatkan, diolah atau diproses atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan atau penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan yang sekarang atau nantinya.
Ø Menurut Kenneth Laudon : Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
          C.     Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli
Ø Menurut Muhibbin Syah : psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
Ø John Broadus Watson, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajri tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon).
Ø Wilhelm Wundt bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman – pengalaman yang timbul dalam diri manusia seperti panca indera, pikiran, perasaan (feeling) dan kehendak.
Ø  Menurut Heru Basuki (2008) psikologi adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku, sebagai manifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif, dan juga emosional.

Setelah kita dapat pengertian dari ketiga kata di atas, maka dapat saya simpulkan bahwa “Sistem Informasi Psikologi” adalah suatu jaringan atau unit-unit membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan dengan data yang berisi penerangan, keterangan, kabar atau berita yang telah di proses dan diolah kedalam bentuk yang berguna bagi si penerimanya untuk mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya baik yang disadari maupun tidak disadari.

          D.    Ada beberapa fungsi dari sistem informasi Psikologi, yaitu :
1.      Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3.      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5.      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6.  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7.      Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

SUMBER :
Amirin, T. (2010). Pokok-pokok Teori Sistem. Yang Menerbitkan. Jakarta : PT Raja Grafindo                   Persada.
Hutahean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Sutarman. (2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yang Menerbitkan CV Andi    Offset :                               Yogyakarta.

Basuki, H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta : Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar