Sabtu, 22 Oktober 2016

#SIP EVOLUSI COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM

Evolusi Computer Based Information System (CBIS)

a.      Berfokus pada data
Sistem pemrosesan transaksi merupakan jenis system yang pertama kali di implementasikan. Fokus utama sistem ini adalah pada data transaksi. Sistem informasi ini digunakan untuk menghimpun, menyimpan dan memproses data transaksi serta sering kali mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transaksi.

Hasil gambar untuk data

b.      Berfokus pada informasi
Pada tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang mempengaruhi cara penggunaan computer. Konsep penggunaan computer sebagai sistem informasi manajemen dipromosikan oleh pembuat computer untuk mendukung peralatan baru tersebut. Konsep sistem informasi manajemen menyadari bahwa  aplikasi komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi  manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan besar karena dengan adanya manajemen informasi yang akurat dan tepat guna mendukung dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan tersebut.
Hasil gambar untuk informasi
c.       Berfokus pada komunikasi (Otomatisasi Kantor)
Otomatisasi kantor kini disebut dengan istilah office virtual, mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang –orang didalam maupun diluar perusahaan.

Hasil gambar untuk otomatisasi kantor

d.      Berfokus pada konsultasi (Sistem Pakar)
Sistem pakar (Expert System) adalah sebuah sistem informasi yang memiliki intelegensia buatan (Artificial Intelegent) yang menyerupai intelegensia manusia. Sistem pakar mirip dengan DSS yaitu bertujuan menyediakan dukungan pemecahan masalah tingkat tinggi untuk pemakai. Perbedaan ES dan DSS adalah kemampuan ES untuk menjelaskan alur penalarannya dalam mencapai suatu pemecahan tertentu. Sangat sering terjadi penjelasan cara pemecahan masalah ternyata lebih berharga dari pemecahannya itu sendiri.
Hasil gambar untuk sistem pakar

SUMBER :

McLeod, R. dan Schell, G.P. (2007). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Fattah, A. H. (2007). Analisis perencanaan system informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Jogjakarta: Andi.


Vanta, Rivany. (2011). Evolusi sistem informasi berbasis komputer. Diakses 11 Oktober, 2012, dari http://rivanyvanta.blogspot.com/2011/10/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar