ANDRI PUTRI HARDIYANTI
10513950
SOFTSKILL (PSIKOLOGI MANAJEMEN)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia. Melalui komunikasi
manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan seharihari
di rumah ditempat kerja, pasar, masyarakat, atau dimanapun manusia berada.
Tidak ada manusia yang tidak ada terlibat dalam komunikasi. Komunikasi begitu
sangat penting dalam kehidupan manusia, karena harus diakui bahwa manusia tidak
bisa hidup tanpa komunikasi karena manusia adalah makhluk sosial yang saling
membutuhkan satu sama lain, dengan berkomunikasi secara efektif maka,
kegitan-kegitan yang sering dilakukan manusia bisa berjalan dengan baik. Tanpa
adanya komunikasi dengan baik mengakibatkan ketidak teraturan dalam melakukan
kegiatan sehari-hari baik itu di rumah maupun dalam suatu organisasi,
perusahaan dan dimanapun manusia itu berada.
B. Rumusan Masalah
1. Definisi komunikasi
2. Dimensi Komunikasi
C. Tujuan Masalah
Dapat memahami dan menjelaskan definisi komunikasi,
dimensi komunikasi yang meliputi Isi, Kebisingan, Jaringan dan
Arah.
BAB II
TEORI
A. Definisi
Komunikasi
Komunikasi
adalah proses penyampaian pesan kepada orang lain. Itu definisi, makna, arti,
atau pengertian komunikasi (communication) secara praktis atau dalam praktik
kehidupan sehari-hari. Pesan (message) itu bisa berupa informasi,
pemberitahuan, keterangan, ajakan, imbauan, bahkan provokasi atau
hasutan. Kata kunci dalam komunikasi adalah pesan itu. Dari pesan itulah
sebuah proses komunikasi dimulai. Komunikasi terjadi karena ada pesan yang
ingin atau harus disampaikan kepada pihak lain.
1.
Definisi komunikasi menurut para ahli :
a. Everett
M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber
kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku
mereka. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied
Cangara, M. Sc.) (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005, hal 62, Dedy
Mulyana)
b. Rogers
& D. Lawrence Kincaid, 1981, Komunikasi adalah suatu proses dimana dua
orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama
lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang
mendalam. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied
Cangara, M. Sc.)
c. Shannon
& Weaver, 1949, Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling
pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak
terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam
hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. (pengantar Ilmu
komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)
d. David
K. Berlo, 1965 Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari
interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain,
juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan
dengan masyarakat. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr.
Hafied Cangara, M. Sc.)
B. Dimensi Komunikasi
1.
Isi
Dimensi
isi disandi secara verbal dan menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa
yang dikatakan. Dalam komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan.
2.
Kebisingan
Kebisingan
adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.
3.
Jaringan
Jaringan
adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan
komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan
satelit).
4. Arah
Komunikasi
dalam konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi satu arah dan komunikasi
dua arah. Komunikasi satu arah merupakan satu orang memberikan informasi kepada
orang lainnya tanpa ada timbal balik, sedangkan komunikasi dua arah merupakan
komunikasi dimana satu orang memberikan informasi ke orang lain, dan orang lain
juga memberikan informasi, sehingga terjadi pertukaran informasi diantara
keduanya.
DAFTAR PUSTAKA
Munandar, Ashar Sunyoto. 2008. Psikologi Industri dan
Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Effendy,Onong, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung:
Remaja Rosdakarya, 1994.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar