Sabtu, 03 Desember 2016

#SIP RANCANGAN INTERFACE DAN FLOWCHART UNTIL SEBUAH APLIKASI BERNUANSA PSIKOLOGI

RANCANGAN INTERFACE DAN FLOWCHART UNTIL SEBUAH APLIKASI BERNUANSA PSIKOLOGI (TEST IQ)


Hasil gambar untuk flowchart psikologi

Laju perkembangan Teknologi saat ini makin marak dengan berbagai penemuan disegala bidang kehidupan. Perkembangan teknologi tentunya digunakan sebagai sarana pendukung peradapan manusia itu sendiri. Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang menonjol adalah bidang komputer, Teknologi komputer telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia seperti Bidang pendidikan, Sosial, Politik, Hukum, Budaya, Perkantoran, Pariwisata dan hampir semuanya menerapkan teknologi komputer . dan salah satu sub bagian dari teknologi computer adalah dunia Mobile yang menjanjikan sesuatu yang baru. Dengan demikian berkembangnya perangkat mobile serta teknologi yang menyertainya akan sangat berpengaruh pada perkembangan aplikasi mobile. Karena Aplikasi Mobile merupakan salah satu cara yang tepat untuk menyampaikan informasi. Dengan melihat keadaan saat ini setiap orang yang tidak mau lepas dari perangkat kerasnya yang disebut handphone. Perkembangan tersebut akhirnya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan kita. Salah satunya adalah pada bidang telekomunikasi. Dengan menerapkan kemajuan teknologi, diharapkan dunia komunikasi akan lebih maju, baik sistem yang hendak dikembangkan, serta bagaimana kebutuhan informasi dituntut untuk segera terpenuhi.
Implementasi dan pembahasan merupakan tahapan yang bertujuan mengubah hasil analisis dan perancangan sistem menjadi bentuk yang nyata, dalam hal ini berupa aplikasi Tes IQ mobile yang berjalan pada handphone. Bagaimana tampilan-tampilan dari aplikasi yang dibuat dan proses instalisasi atau proses menjalankan aplikasi dan harus disesuaikan dengan analisis serta perancangan yang sudah dibuat sebelumnya. Adapun tampilan Aplikasi Test IQ berikut di bawah ini :














Keunggulan dari aplikasi Test IQ antara lain sebagai berikut:
            1. Dengan aplikasi Test IQ, pengguna tidak perlu membawa naskah cetak lagi.
            2. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan tes IQ dan memperoleh hasilnya secara mobile.
Kelemahan pada aplikasi Test IQ antara lain sebagai berikut:
      1. Tempat penyimpanan yang cukup terbatas karena tergantung dengan memory yang dimiliki oleh HandPhone yang kita gunakan dan sistem operasi dari handphone itu sendiri. Aplikasi ini hanya bisa jalan pada HandPhone yang memiliki fitur MIDP 2.0.
          2. Aplikasi ini bisa jalan dengan sempurna ketika HandPhone yang kita gunakan merupakan produksi di atas tahun 2005.


 PENGERTIAN FLOWCHART

Hasil gambar untuk flowchart sederhana

Flowchart adalah bagan-bagan yang dilengkapi dengan arus dimana menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart juga merupakan salah satu cara penyajian dari suatu algoritma. Tujuan membuat flowchart adalah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara minimalis, terurai, rapi serta memberikan detail keterangan yang jelas. Flowchart digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. 
Flowchart atau Diagram Alir sering digunakan untuk mendokumentasikan standar proses yang telah ada sehingga menjadi pedoman dalam menjalankan proses produksi.Disamping itu, Flowchart atau Diagram Alir ini juga digunakan untuk melakukan Analisis terhadap proses produksi sehingga dapat melakukan peningkatan atau perbaikan proses yang berkesinambungan (secara terus menerus).

Jenis jenis Flowchart
·         Bagan alir sistem (systems flowchart).
·         Bagan alir dokumen (document flowchart).
·         Bagan alir skematik (schematic flowchart).
·         Bagan alir program (program flowchart).
·         Bagan alir proses (process flowchart).

DAFTAR PUSTAKA

http://repository.amikom.ac.id/files/publikasi_07.12.2669.pdf
Irawan. (2009). Aplikasi Java Mobile. Penerbit Maxikom. Palembang.
Shalahuddin, M dan Rosa A.S. (2006). Pemrograman J2ME Belajar Cepat Pemrograman Perangkat          Telekomunikasi Mobile. Bandung: Informatika.
Tavri D. M. Analisa perancangan sistem pengolahan data. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Anastasi, Anne. (2007). Tes psikologi. Jakarta: PT Indeks.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar