Selasa, 31 Mei 2016

Tugas 5 matematika dan ilmu alamiah dasar



ENERGI YANG PALING BERPERAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA (ENERGI LISTRIK)


Energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik/energi yang tersimpan dalam arus listrik dengan satuan amper (A)dan tegangan listrik dengan satuan volt (V) dengan ketentuan kebutuhan konsumsi daya listrik dengan satuan Watt (W)untuk menggerakkan motor, lampu penerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untuk menghasilkan bentuk energi yang lain. Energi yang dihasilkan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lainnya. Energi ini besarnya dari beberapa jolue sampai ribuan hingga jutaan Joule.
Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang disamping energi yang lainnya. Kegunaannya pun tidak kalah bermanfaat dari bahan bakar minyak, atau bahkan lebih penting. Kita lihat di setiap ruangan sudah dapat dipastikan ada peralatan yang menggunakan energi listrik. Sebut saja lampu, radio, atau juga televisi. Tanpa listrik, kehidupan manusia akan sangat terganggu. Mungkin juga akan kembali ke zaman prasejarah dahulu saat listrik belum dikenal. Berterimakasihlah pada Thomas Alva Edison yang sudah menemukan listrik sehingga pada waktu malam hari kita tidak hanya melihat bintang saja.
Namun masih saja ada masyarakat yang belum mendapatkan listrik di zaman sekarang. Hmm..bagaimana ini? Padahal kegunaan energi listrik amatlah sangat membantu kehidupan manusia sehari-hari.
Apa sajakah fungsi energi listrik untuk kehidupan manusia sehari-hari ?
1.      Sebagai penerangan
Kegunaan energi listrik yang pertama adalah penerangan. Apa yang Anda rasakan saat rumah Anda “beruntung” mendapatkan giliran jatah pemadaman listrik? Bete, kesal, marah? Tentu saja, mengingat alat-alat elektronik yang akrab dan sering digunakan oleh manusia seperti komputer PC, televisi, smartphone, laptop.Lho kok smartphone dan laptop? Bukankah ada baterainya ya? Memang ada baterainya sehingga mampu bertahan di saat tidak ada listrik. Nah bagaimana jika saat pemadaman tersebut baterai smartphone dan laptop Anda tinggal 10% lagi? Bisa menggunakan powerbank. Tapi, powerbank juga harus di-charge terlebih dahulu kan? Pakai listrik berperan penting untuk pengisian daya.
2.      Menghasilkan Panas
Berikutnya adalah untuk menghasilkan panas. Untuk yang ini, mungkin Anda sudah bisa menebak alat apa yang menghasilkan panas. Pemanas, setrika, ricecooker, dll. Alat tersebut memang hanya sebagai pelengkap saja. Namun kegunaannya cukup penting bagi penunjang hidup manusia. Contohnya saja ricecooker untuk memasak beras menjadi nasi, Kalau tidak ada masa iya makan beras? hahaaa. Setrika atau gosokan pun diperlukan untuk menunjang penampilan kita. Agar terlihat rapi baju kita.
3.      Penggerak
Yang terakhir adalah penggerak. Di kehidupan sehari-hari kita perlu menggunakan energi listrik sebagai penggerak, seperti untuk menyalakan pompa air, atau juga kipas angin.Yang paling nyata adalah di industri dimana listrik digunakan sebagai penunjang kegiatan industri. Contohnya saja sebagai penutup botol otomatis, ban berjalan, dan peralatan lainnya. Jika sehari saja atau satu jam saja listrik mati, bayangkan berapa besar kerugian yang ditanggung oleh perusahaan tersebut. Tiga kegunaan energi listrik tersebut hanyalah contoh sederhana dari sekian banyak kegunaan listrik lainnya. Apalagi kebutuhan energi listrik semakin lama semakin meningkat dan tidak diimbangi dengan ketersediaannya. Belum lagi masih cukup banyak masyarakat yang belum menikmati listrik.
sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar