KEBUDAYAAN THAILAND
Patung dari sebuah mitos Kinnon di Wat Phra Kaew |
budaya dari Thailand menggabungkan kepercayaan budaya dan karakteristik adat ke daerah yang dikenal sebagai Thailand modern ditambah dengan banyak pengaruh dari India kuno, Cina, Kamboja, bersama dengan tetangga pra-sejarah budaya Asia Tenggara . Hal ini dipengaruhi terutama oleh Animisme ,Hindu , Buddha , serta oleh migrasi kemudian dari Cina , dan selatan India .
Seni
gambaran gajah putih di abad ke-19 seni Thailand |
Thailand seni visual secara tradisional terutama Buddha . Thailand Buddha gambar dari periode yang berbeda memiliki sejumlah gaya yang khas.Thailand candi seni dan arsitekturberevolusi dari sejumlah sumber, salah satunya adalah arsitektur Khmer . Seni kontemporer Thailand Thailand sering memadukan unsur-unsur tradisional dengan modern teknik.
Sastra di Thailand yang banyak dipengaruhi oleh India Hindu budaya. Yang penting karya sastra yang paling Thai adalah versi dari Ramayana , sebuah epik agama Hindu, yang disebut Ramakien , ditulis langsung oleh Raja Rama I dan II Rama , dan puisi dari Sunthorn Phu .
Tidak ada tradisi lisan drama di Thailand , bukan peran yang diisi oleh tarian Thailand . Ini dibagi menjadi tiga kategori-Khon, lakhon dan likay - Khon yang paling rumit dan likay yang paling populer. Nang drama , suatu bentuk wayang , ditemukan di selatan.
Para musik dari Thailand termasuk musik tradisi rakyat dan klasik serta stringatau musik pop .
Agama
Young biksu Budha menerima dupa |
Thailand hampir 95% Theravada Buddha(yang meliputi Hutan Tradisi Thailand danNikaya Dhammayuttika dan Asoke Santisekte,) dengan minoritas dari Muslim (4,6%),Kristen (0,7%), Buddha Mahayana , dan agama lain. Thailand Buddhisme Theravadadidukung dan diawasi oleh pemerintah, dengan biarawan menerima sejumlah tunjangan pemerintah, seperti bebas menggunakan infrastruktur transportasi publik.
Buddhisme di Thailand sangat dipengaruhi oleh kepercayaan tradisional mengenai roh leluhur dan alam, yang telah dimasukkan ke dalam kosmologi Buddhis. Kebanyakan orang Thailand rumah sendiri semangat, rumah-rumah kayu miniatur di mana mereka percaya roh hidup rumah tangga. Mereka hadir persembahan makanan dan minuman untuk roh-roh untuk membuat mereka senang. Jika roh ini tidak bahagia, diyakini bahwa mereka akan menghuni rumah yang lebih besar dari Thailand, dan menyebabkan kekacauan. Rumah-rumah ini roh dapat ditemukan di tempat-tempat umum dan di jalan-jalan Thailand, di mana membuat penawaran umum.
Masakan
masakan Thailand terkenal dengan campuran dari empat rasa dasar:
- manis (gula, buah-buahan, lada manis)
- pedas panas (cabe)
- asam (cuka, air jeruk nipis, asam)
- asin (kecap asin, kecap ikan )
Sebagian besar hidangan dalam masakan Thailand mencoba menggabungkan sebagian besar, jika tidak semua, ini selera. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah bumbu , rempah-rempahdan buah, termasuk: cabai , lengkuas , bawang putih , daun jeruk , kemangi , kemangi manis , jeruk nipis , serai , ketumbar , merica , kunyit , dan bawang merah .
Sebelum munculnya Buddhisme Theravada, baik India Brahmana agama dan Buddhisme Mahayana hadir di Thailand. Pengaruh dari kedua tradisi masih dapat dilihat pada hari ini. kuil Brahmanist memainkan peran penting dalam Thai agama rakyat , dan Buddha Mahayana pengaruh tercermin dalam kehadiran tokoh-tokoh seperti Lokesvara, sebuah bentuk dari Bodhisattva Avalokitesvara kadang-kadang dimasukkan ke's ikonografi Thailand.
Olahraga
Tim olahraga paling populer di Thailand adalah sepak bola (juga dikenal sebagaiasosiasi sepak bola atau sepak bola). Namun, liga profesional Thailand Liga danLiga Pro di Thailand sedang dalam tahap pengembangan. Para Inggris dan Liga Utama memiliki berikut besar. Muay Thai (Thai tinju) mungkin yang paling populerolahraga penonton di Thailand. Penduduk asli olahraga utama lainnya adalahtakraw , yang mirip dengan bola voli , tapi bermain dengan kaki mereka dan terangrotan bola. Ada beberapa versi permainan dengan aturan yang berbeda.
Ada Swan Boat sirkuit mana medan tim desa bersaing. Perlombaan yg mengundang internasional biasanya pada bulan November.
Telur rolling-hobi sekali menikmati status nasional, tapi kelaparan dan telur kekurangan sekitar pertengahan abad terakhir menyebabkannya mundur ke desa-desa, di mana masih dipraktekkan dengan kekuatan tradisional.
Pernikahan
upacara pernikahan Thai antara umat Buddha secara umum dibagi menjadi dua bagian: komponen Buddha, yang mencakup pembacaan doa dan persembahan makanan dan hadiah lain untuk para biksu dan gambar Sang Buddha, dan komponen non-Buddhis berakar pada tradisi rakyat, yang berpusat pada keluarga pasangan.
Pada zaman dulu, itu tidak diketahui untuk Buddhis biarawan untuk hadir pada setiap tahapan upacara pernikahan itu sendiri. Sebagai bhikkhu diharuskan untuk menghadiri kepada orang mati selama pemakaman, kehadiran mereka di perkawinan (yang dikaitkan dengan kesuburan, dan dimaksudkan untuk menghasilkan anak-anak) dianggap sebagai pertanda buruk. Sepasang suami istri akan mencari berkat dari kuil lokal mereka sebelum atau setelah menikah, dan mungkin berkonsultasi dengan seorang biarawan untuk astrologi saran dalam menetapkan tanggal menguntungkan untuk pernikahan. Bagian-bagian non-Buddhis dari pernikahan akan berlangsung jauh dari Bait Allah, dan sering akan terjadi pada hari terpisah.
Di zaman modern, larangan tersebut secara signifikan santai. Hal ini tidak biasa untuk kunjungan ke kuil yang akan dilakukan pada hari yang sama dengan bagian non-Buddhis pernikahan, atau bahkan untuk pernikahan berlangsung dalam kuil. Sementara divisi masih umum diamati antara bagian "agama" dan "sekuler" dari layanan pernikahan, mungkin sederhana seperti para biarawan hadir untuk upacara Buddha berangkat untuk mengambil peran mereka makan siang setelah selesai.
Selama komponen Buddha pelayanan pernikahan, yang pertama busur pasangan sebelum citra Buddha . Mereka kemudian membaca doa-doa dasar Buddha tertentu atau bini (biasanya termasuk mengambil Tiga Perlindungan dan Lima Sila) dan cahaya dupa, dan lilin sebelum foto tersebut. Orang tua dari pasangan mungkin akan dipanggil untuk 'terhubung' mereka, dengan menempatkan di atas kepala pengantin wanita dan loop kembar pengantin tali atau benang yang memiliki pranala pasangan bersama-sama. Pasangan ini kemudian dapat membuat persembahan makanan, bunga, dan obat-obatan untuk para biarawan ini. hadiah Kas (biasanya ditempatkan di amplop) juga dapat disajikan ke kuil pada saat ini.
Para biarawan kemudian dapat bersantai panjang kecil dari benang yang diadakan antara tangan para biarawan berkumpul. Mereka mulai serangkaian bacaan Palisuci dimaksudkan untuk membawa kebajikan dan berkah bagi pasangan baru. String berakhir dengan biksu memimpin, yang mungkin terhubung ke sebuah wadah air yang akan 'dikuduskan' untuk upacara. Merit dikatakan perjalanan melalui string dan disampaikan kepada air, sebuah pengaturan yang sama digunakan untuk mentransfer jasa kepada orang mati di pemakaman, bukti lebih lanjut dari melemahnya tabu pada pencampuran citra penguburan dan perangkap dengan upacara pernikahan. Berbahagialah air dapat dicampur dengan tetesan lilin dari lilin yang dinyalakan sebelum gambar Buddha dan unguents lain dan herbal untuk menciptakan sebuah 'paste' yang kemudian diterapkan pada dahi pengantin untuk membuat kecil 'titik', mirip dengan penandaan kadang-kadang dibuat dengan oker merah pada Hindu penggemar. Tanda pengantin dibuat dengan ujung gagang lilin daripada biarawan itu ibu jari, sejalan dengan Vinayalarangan terhadap perempuan menyentuh.
Kehadiran biksu tertinggi dapat memilih untuk mengatakan beberapa kata untuk pasangan, menawarkan saran atau dorongan. Pasangan ini kemudian dapat membuat persembahan makanan kepada para biarawan, di mana titik bagian upacara Buddha disimpulkan.
Thai mahar sistem ini dikenal sebagai 'Sin Sodt'. Secara tradisional, pengantin pria akan diharapkan untuk membayar sejumlah uang untuk keluarga, untuk mengimbangi mereka dan untuk menunjukkan bahwa pengantin pria secara finansial mampu merawat putri mereka. Terkadang, jumlah ini adalah murni simbolis, dan akan kembali ke pengantin setelah pernikahan telah terjadi.
Komponen keagamaan upacara pernikahan antara Muslim Thailand sangat berbeda dari yang dijelaskan di atas. Imam masjid lokal, pengantin pria, ayah pengantin perempuan, laki-laki dalam keluarga dekat dan laki-laki penting dalam masyarakat duduk dalam lingkaran selama upacara, yang dilakukan oleh Imam. Semua perempuan, termasuk pengantin wanita, duduk di ruang yang terpisah dan tidak memiliki partisipasi langsung dalam upacara tersebut. Komponen sekuler upacara, bagaimanapun, sering hampir identik dengan bagian sekuler dari upacara pernikahan Thailand Buddha. Satu-satunya perbedaan penting di sini adalah jenis daging yang disajikan untuk tamu (kambing dan / atau daging sapi daripada daging babi). Thai Muslim sering, meskipun tidak selalu, juga mengikuti konvensi dari sistem mas kawin Thailand.
Pemakaman
Kayu pembakaran jenazah Chan Kusalo |
upacara pernikahan Thai antara umat Buddha secara umum dibagi menjadi dua bagian: komponen Buddha, yang mencakup pembacaan doa dan persembahan makanan dan hadiah lain untuk para biksu dan gambar Sang Buddha, dan komponen non-Buddhis berakar pada tradisi rakyat, yang berpusat pada keluarga pasangan.
Pada zaman dulu, itu tidak diketahui untukBuddhis biarawan untuk hadir pada setiap tahapan upacara pernikahan itu sendiri. Sebagai bhikkhu diharuskan untuk menghadiri kepada orang mati selama pemakaman, kehadiran mereka di perkawinan (yang dikaitkan dengan kesuburan, dan dimaksudkan untuk menghasilkan anak-anak) dianggap sebagai pertanda buruk. Sepasang suami istri akan mencari berkat dari kuil lokal mereka sebelum atau setelah menikah, dan mungkin berkonsultasi dengan seorang biarawan untukastrologi saran dalam menetapkan tanggal menguntungkan untuk pernikahan. Bagian-bagian non-Buddhis dari pernikahan akan berlangsung jauh dari Bait Allah, dan sering akan terjadi pada hari terpisah.
Di zaman modern, larangan tersebut secara signifikan santai. Hal ini tidak biasa untuk kunjungan ke kuil yang akan dilakukan pada hari yang sama dengan bagian non-Buddhis pernikahan, atau bahkan untuk pernikahan berlangsung dalam kuil. Sementara divisi masih umum diamati antara bagian "agama" dan "sekuler" dari layanan pernikahan, mungkin sederhana seperti para biarawan hadir untuk upacara Buddha berangkat untuk mengambil peran mereka makan siang setelah selesai.
Selama komponen Buddha pelayanan pernikahan, yang pertama busur pasangan sebelum citra Buddha . Mereka kemudian membaca doa-doa dasar Buddha tertentu atau bini (biasanya termasuk mengambil Tiga Perlindungan dan Lima Sila) dan cahaya dupa, dan lilin sebelum foto tersebut. Orang tua dari pasangan mungkin akan dipanggil untuk 'terhubung' mereka, dengan menempatkan di atas kepala pengantin wanita dan loop kembar pengantin tali atau benang yang memiliki pranala pasangan bersama-sama. Pasangan ini kemudian dapat membuat persembahan makanan, bunga, dan obat-obatan untuk para biarawan ini. hadiah Kas (biasanya ditempatkan di amplop) juga dapat disajikan ke kuil pada saat ini.
Para biarawan kemudian dapat bersantai panjang kecil dari benang yang diadakan antara tangan para biarawan berkumpul. Mereka mulai serangkaian bacaan Palisuci dimaksudkan untuk membawa kebajikan dan berkah bagi pasangan baru. String berakhir dengan biksu memimpin, yang mungkin terhubung ke sebuah wadah air yang akan 'dikuduskan' untuk upacara. Merit dikatakan perjalanan melalui string dan disampaikan kepada air, sebuah pengaturan yang sama digunakan untuk mentransfer jasa kepada orang mati di pemakaman, bukti lebih lanjut dari melemahnya tabu pada pencampuran citra penguburan dan perangkap dengan upacara pernikahan. Berbahagialah air dapat dicampur dengan tetesan lilin dari lilin yang dinyalakan sebelum gambar Buddha dan unguents lain dan herbal untuk menciptakan sebuah 'paste' yang kemudian diterapkan pada dahi pengantin untuk membuat kecil 'titik', mirip dengan penandaan kadang-kadang dibuat dengan oker merah pada Hindu penggemar. Tanda pengantin dibuat dengan ujung gagang lilin daripada biarawan itu ibu jari, sejalan dengan Vinayalarangan terhadap perempuan menyentuh.
Kehadiran biksu tertinggi dapat memilih untuk mengatakan beberapa kata untuk pasangan, menawarkan saran atau dorongan. Pasangan ini kemudian dapat membuat persembahan makanan kepada para biarawan, di mana titik bagian upacara Buddha disimpulkan.
Thai mahar sistem ini dikenal sebagai 'Sin Sodt'. Secara tradisional, pengantin pria akan diharapkan untuk membayar sejumlah uang untuk keluarga, untuk mengimbangi mereka dan untuk menunjukkan bahwa pengantin pria secara finansial mampu merawat putri mereka. Terkadang, jumlah ini adalah murni simbolis, dan akan kembali ke pengantin setelah pernikahan telah terjadi.
Komponen keagamaan upacara pernikahan antara Muslim Thailand sangat berbeda dari yang dijelaskan di atas. Imam masjid lokal, pengantin pria, ayah pengantin perempuan, laki-laki dalam keluarga dekat dan laki-laki penting dalam masyarakat duduk dalam lingkaran selama upacara, yang dilakukan oleh Imam. Semua perempuan, termasuk pengantin wanita, duduk di ruang yang terpisah dan tidak memiliki partisipasi langsung dalam upacara tersebut. Komponen sekuler upacara, bagaimanapun, sering hampir identik dengan bagian sekuler dari upacara pernikahan Thailand Buddha. Satu-satunya perbedaan penting di sini adalah jenis daging yang disajikan untuk tamu (kambing dan / atau daging sapi daripada daging babi). Thai Muslim sering, meskipun tidak selalu, juga mengikuti konvensi dari sistem mas kawin Thailand.
Hari Libur
Liburan penting dalam budaya Thailand termasuk Thailand Tahun Baru, atauSongkran , yang secara resmi diamati dari 13-15 April setiap tahun. Jatuh pada akhir musim kemarau dan selama musim panas di Thailand, fitur perayaan terkenal kencang air melempar. Melemparkan air berasal dari mencuci gambar Buddha dan ringan percikan air wangi di tangan orang tua. Sejumlah kecil bedak wangi juga digunakan dalam upacara pembersihan tahunan. Namun dalam beberapa dekade terakhir ini penggunaan air telah meningkat dengan penggunaan selang, tong, senjata menyemprotkan , tabung tekanan tinggi dan jumlah berlebihan serbuk.
hari libur lainnya adalah Loi Krathong , yang diselenggarakan pada bulan penuh 12 dari kalender lunar Thailand . Meskipun bukan hari libur pemerintah diamati, adalah tetap merupakan hari baik dalam budaya Thailand, di mana rakyat Thailand "loi", yang berarti "mengambang" sebuah "krathong", rakit kecil tradisional terbuat dari bagian pohon pisang, dihiasi dengan rumit-dilipat daun pisang, bunga, lilin, dupa dll tindakan hanyut rakit lilin adalah simbol melepaskan, marah dendam semua adalah satu dan kekotoran, sehingga seseorang dapat memulai kembali kehidupan di kaki yang lebih baik.
Julukan
Thailand universal memiliki satu, atau kadang-kadang lebih, pendek julukan ( Thai: ชึ่ อ เล่น bermain-nama) yang mereka gunakan dengan teman dan keluarga. Seringkali pertama yang diberikan oleh teman-teman atau anggota keluarga yang lebih tua, julukan ini biasanya satu suku kata (atau aus turun dari dua suku kata ke satu). Meskipun mereka mungkin hanya singkat versi dari nama lengkap, mereka cukup sering tidak memiliki hubungan dengan nama lengkap Thailand dan sering lucu dan / atau kata-kata omong kosong. Secara tradisional nama panggilan-akan setelah hal-hal dengan nilai rendah, misalnya 'kotoran', yang adalah untuk meyakinkan roh jahat bahwa anak itu tidak layak perhatian mereka. Beberapa julukan umum (yang non-omong kosong, anyway) akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai lemak, babi, sedikit satu, katak, pisang, hijau, atau gadis / anak laki-laki. Meskipun jarang, anak-anak kadang-kadang diberi julukan Thailand setelah pesanan mereka dilahirkan ke dalam keluarga (yaitu satu, dua, tiga, dll). Julukan berguna karena nama resmi Thailand seringkali lama, khususnya antara Thailand keturunan Cina, nama-nama yang panjang berasal dari upaya untuk menerjemahkan nama Cina menjadi setara Thailand, atau di antara Thailand dengan yang berasal nama panjang Sansekerta-sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar